Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Baitul Arqam (BA) & Training of Trainer (ToT) bagi Fungsionaris Organisasi Mahasiswa (Ormawa) pada Selasa – Rabu, 11 – 12 Februari 2020. Kegiatan ini bertempat di  Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dengan diikuti oleh 252 Peserta yang terdiri dari perwakilan masing masing Ormawa Tingkat Universitas maupun Fakultas. Adapun masing masing Ormawa mengirimkan 2 (dua) perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

 

Kegiatan ini diawali dengan Agenda Pembukaan pada pukul 08.00 WIB, yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III UMS, Taufik Kasturi, Ph.D. Diselenggarakannya kegiatan BA & ToT ini dalam rangka penguatan ideologi sebagai bekal dalam menjalankan amanah di Ormawa masing-masing; penguatan ideologi sebagai sarana memperkokoh Ormawa sebagai wahana kader Pesyarikatan, ummat, dan bangsa; dan ajang shilaturrahim untuk merajut sinergi antar Ormawa dalam menghantarkan mahasiswa Muhammadiyah berkemajuan yang mencerahkan semesta.  Adapun materi yang disampaikan dalam agenda 2 (dua) hari ini di antaranya adalah Materi I: Grand Desain Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan UMS (Taufik Kasturi, Ph.D.), Materi II: Implikasi Tauhid dalam Kehidupan (Ali Muchson, S.Ag., MM., M.Pd.I., MH.), Materi III: Ibadah dan Orientasi Berkehidupan (Wiwoho Aji Santoso, S.Pd), Materi IV: PHIWM: Kehidupan Berorganisasi (Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd), Materi V: Revitalisasi Kader Muhammadiyah di PTM (Much. Iksan, SH., MH), Materi VI: Sosialisasi Penyusunan Proposal dan Laporan serta Tata Kelola Administrasi Kemahasiswaan dan SOP Bidang Penalaran dan Softskill (Ir. A. Kholid Al Ghofari, MT.), Materi VIII: Tata Kelola Administrasi Kemahasiswaan dan SOP: Bidang Minat, Bakat dan ACEC (Suryadi, SE.), Materi IX: Tata Kelola Administrasi Kemahasiswaan dan SOP: Bidang  Kaderisasi dan Dakwah  (Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag.), Materi VII: Sosialisasi Tata Tertib Mahasiswa (Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si.,). Di samping itu, melalui Refleksi dan Fathul Qulub yang difasilitasi oleh Imam Training (Drs. Nur Hidayat, M.Pd.) dan Co Imam Training (Dr. Choirul Amin, M.Si.), para peserta diajak untuk mengkaji 4 (empat) kelompok ayat yang berkaitan dengan Istiqamah dan Disiplin; Menjaga Kerapian, Keindahan, dan Kebersihan di Sekitar Kita; Tertib Berorganisasi; dan Adab dalam Kelas.

 

Padatnya agenda selama dua hari tersebut diselingi dengan aktivitas-aktivitas ringan yang menyegarkan. Ice Breaking difasilitasi oleh MB. Sudinadji, M.Psi. bersama Tim.

Sebelum Agenda Penutupan, para mahasiswa diberi kesempatan untuk bertemu dan berkonsultasi dengan Pembina terkait Draft Program Kerja masing-masing. Bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bertemu dengan Pembina UKM masing-masing; dan bagi Ormawa Tingkat Fakultas dan Jurusan bertemu dengan Wakil Dekan Kemahasiswaan masing-masing Fakultas.