Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih Juara II dan Juara III Lomba Essay Nasional (LEMNAS) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian acara Gema Mahasiswa Matematika 2018 (GMM) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Himatika “Identika” UPI.

Pada puncak acara penyerahan penghargaan yang digelar 25 November 2018, Juara II diraih oleh mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS atas nama Imroatus Sholihah dengan judul Essay “MOTIF BATIK SLOBOG UNTUK PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI YANG MENGINTEGRASIKAN BUDAYA“. Sementara itu, Juara III diraih oleh mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS atas nama Rista Alfi Meidina dengan judul Essay “IMPLEMENTASI GEOMETRI DI PERTUKANGAN GUNA MEMBUAT MOTIF UKIR PADA RANCAAN GAMELAN“.

Penyerahan Penghargaan Kepada Juara LEMNAS

Sesuai dengan tema LEMNAS, yaitu Pembelajaran Matematika Aktif Berbasis Budaya, mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS menuangkan ide-ide kreatif terkait pembelajaran matematika aktif berbasis budaya Jawa, khususnya pada kerajinan Batik dan Gamelan. Ide-ide tersebut diharapkan dapat memperkaya inovasi pembelajaran matematika di sekolah sekaligus mengenalkan budaya kepada peserta didik.

Presentasi

Pada acara yang sama, Pendidikan Matematika FKIP UMS juga menempatkan satu tim dari 5 finalis Kompetisi Media Pembelajaran Matematika (KPMP) dengan karya inovatif yang berjudul Kuis Kreatif Matematika (KKM). KKM merupakan aplikasi kuis matematika pada materi Bilangan Bulat dan Pecahan yang dapat diakses di ponsel pintar dengan OS Android.

Menghasilkan berbagai inovasi di bidang pendidikan matematika akan terus menjadi fokus Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS, yaitu menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang profesional, inovatif, dan islami.

 

Tags: , ,