Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Universitas diselenggarakan mulai hari Kamis, 19 Mei 2022 dan akan berakhir pada Rabu, 25 Mei 2022. MTQ Tingkat Universitas Muhammadiyah Muhammadiyah Surakarta ini diselenggarakan dalam rangka mencari mutiara-mutiara mahasiswa potensial dalam berbagai cabang MTQ, sekaligus untuk mempersiapkan keikutsertaan di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang akan datang. MTQ ini diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menggandeng Divisi Musabaqah Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Al-Qur’an.

 

MTQ kali ini digelar dalam 10 Cabang, yaitu Tilawatil Qur’an, Tartilil Qur’an, Tahfizhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khaththil Qur’an, Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Debat Kandungan Al-Qur’an Berbahasa Arab, dan Debat Kandungan Al-Qur’an Berbahasa Inggris. Cabang Khaththil Qur’an ada dua sub cabang, yaitu Dekorasi dan Kontemporer; sedangkan cabang Tahfizhil Qur’an dipilahkan dalam empat sub cabang, yaitu 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz.

 

MTQ 2022 ini cukup banyak peminatnya. Antusiasme mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta sangat tinggi dalam mengikuti MTQ. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya jumlah pendaftar pada cabang-cabang tertentu. Adapun  jumlah masing-masing pendaftar sebagaimana dalam tabel di bawah ini.