World Young Inventors Exhibition (WYIE) dilaksanakan di Malaysia secara online. WYIE Competition merupakan kompetisisi inovasi/penemuan yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan semangat kreativitas dan hasil penemuan para penemu muda. diselenggarakan oleh Malaysia Invention and Design Society (MINDS) dan bekerjasama dengan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), dalam mempublikasikan, menyeleksi, dan merekomendasikan perwakilan dari Indonesia ke event tersebut. Kegiatan ini diikui oleh 11 negara dari seluruh dunia dan 111 peserta.

Teknis pelaksanaan kegiatan yaitu peserta mengirimkan dokumen berupa biodata lengkap seluruh anggota, abstrak, deskripsi produk, dan tujuan mengikuti kegiatan WYIE, video produk dan poster, penilaian terakhir dengan presentasi dengan juri dari berbagai negara. Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai perwakilan tim Indonesia berhasil menyabet medali emas kategori Biotechnology and Health dengan judul DIABTAFLAKE: Original Black Rice Bran for Diabetes.

DIABETAFLAKE: Original Black Rice Bran for Diabetes, yaitu inovasi flake atau sereal sehat khusus untuk penderita diabetes yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Bahan baku yang digunakan adalah bekatul beras hitam. merupakan hasil samping dari teknik penggilingan padi. Setiap bahan dipilih dengan cermat dan diperoleh 100% dari petani Indonesia. DIABETAFLAKE dapat digunakan sebagai pengganti makanan utama, snack atau lauk pauk bagi penderita diabetes. Produk ini telah diuji laboratorium untuk mengetahui potensi penurunan kadar gula darah, kandungan nutrisi, zat aktif dan dikemas dalam pouch untuk menjaga kualitas produk.

TIM terdiri dari Mahasiswa Fakultas Farmasi yang terdiri dari:

1. Rosa sayentina amin
2. Firda Novia Aurum
3. Aulia Fitri Sabilla
4. Arifah Sri Wahyuni, S.Si., M.Sc, Apt selaku Dosen Pendamping